Tuesday 14 October 2014

Harga Solar water heater

Seringkali saat banyak orang menjadi "takut" saat mendengar harga dari solar water heater, dan mereka bilang,"mahal ya". Hal ini terungkap karena selama ini referensi pemanas air itu mengacu kepada water heater listrik atau gas yang harganya berkisar 1/4 dari harga solar water heater. Pastilah bahwa harga solar water heater menjadi MAHAL. 
Oke. Untuk lebih lanjut kita harus mampu memahami apa yang bisa diberikan solar water heater dengan harga yang MAHAL itu :
1. Solar water heater dengan pilihan kapasitas dan sistem yang tepat memberikan biaya rekening yang minimal. Sepanjang hari dan sepanjang tahun biaya rekening listrik ini menjadi andalan Solar water heater yang tidak bisa diperbuat oleh water heater listrik/gas. Bisa Anda bayangkan seberapa besar penghematan yang dilakukan Solar water heater ratusan ribu bahkan mencapai jutaan, Apakah harga MAHAL dari solar water heater itu bisa sebanding dengan penghematan listrik ?? Pastilah penghematan listrik lebih berarti dari sekedar harga MAHAL.
2. Usia efektif yang jauh lebih lama yang bisa mencapai 15 - 20 tahun. Bagaimana dengan water heater listrik ? Usianya hanya bisa mencapai 5 tahun. Nilai investasi menggunakan solar water heater menjadi rendah dengan usia efektifnya. Masihkah Anda berpikir harga MAHAL sebagai faktor penghambat utama untuk menggunakan solar water heater.
3. Biaya perawatan solar water heater lebih murah dibandingkan perawatan water heater listrik. Selain biaya murah dan tidak merepotkan menjadi pertimbangan lain bahwa harga MAHAL tidak menjadi satu-satunya alasan untuk tidak berpindah menggunakan solar water heater.



Ir. Munir Hasan Basri
Konsultan Solar Water Heater SWH

No comments:

Post a Comment