Wednesday 1 October 2014

Pressure or Non-Pressure

Setiap merek selalu ingin menjual produknya dengan menjelaskan keunggulannya dan terkadang memberikan sedikit komentar "buruk" terhadap merek lain. Sebagai konsumen seringkali bingung karena tidak tahu pengetahuan tentang solar water heater.
Ada dua perseteruan sistem dari solar water heater yaitu pressure atau non-pressure, mana yang lebih baik ?
Secara garis besar, sistem pressure lebih baik mengapa ? Karena tekanan air panas sudah bertekanan sehingga air panas yang keluar pada shower sudah kencang TANPA perlu menambah ongkos alias mengandalkan pompa distribusi air dingin.
Jika awalnya konsumen sudah menggunakan pompa air dingin saja dan menambah solar water heater untuk kebutuhan air panasnya, maka dengan tetap menggunakan pompa air dingin (distribusi) tekanan air di shower menurun. Untuk menghasil tekanan yang sama sebelumnya maka disarankan pompa air distribusi pun mesti ditingkatkan kapasitasnya. Disarankan sistem pressure memang tidak memerlukan pompa air panas tapi untuk menjaga tekanan yang sama di shower sebelum dipasang solar water heater.
Sebaliknya untuk sistem non-pressure disarankan menggunakan pompa air panas agar di shower air menjadi seimbang terhadap tekanan air dinginnya yang umumnya bertekanan.
Sistem pressure - tidak perlu pompa air panas, tapi disarankan mengganti pompa air dingin dengan kapasitas lebih tinggi. Harga lebih mahal dan tidak ada resiko pemeliharaan untuk pompa air panas.
Sistem non-pressure -  menambah pompa air panas dan harga masih lebih murah sekalipun dengan pompa. Ada resiko mengurus pompa air panas.

Pilihan ada di tangan Anda dan mencocokkan dengan kondisi di rumah Anda.

No comments:

Post a Comment