Wednesday 27 August 2014

Beli solar water heater kok harganya mahal ?

Pemakaian pemanas air solar water heater belum banyak dipakai masyarakat dan masih menjadi hambatan karena persepsi harganya yang mahal. Betulkah harga pemanas air solar water heater hargnya mahal ? Mari kita analisa hal ini agar Anda tidak alergi ingin memiliki pemanas air solar water heater.
Salah satu merek solar water heater menjual produknya hanya Rp 7 jutaan. Mahalkah ? Ok bagi Anda yang melihat angka tersebut pasti bilang mahal karena Anda sering menggunakan water heater listrik atau gas yang berkisar Rp 2 jutaan. 
Anda sebagai pemakai water heater adalah kalangan menengah ke atas dengan rumah yang menengah ke atas pula (3 - 4 kamar mandi) yang sebenarnya memiliki uang yang cukup. mari kita bandingkan pemanas air solar water heater dengan water heater listrik
1. Water heater listrik instan yang Rp 2 jutaan tadi hanya bisa melayani 1 kamar mandi. Jika Anda memiliki minimal 3 kamar mandi maka total biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp 6 jutaan.
Bagaimana dengan instalasinya ? Pasti memerlukan biaya 3 kali lipat juga yang berkisar Rp 1 jutaan sehingga pemasangan water heater listrik menjadi Rp Rp 7 jutaan. Bandingkan harga tersebut dengan pemanas air solar water heater yang hanya membutuhkan 1 unit saja untuk 3 kamar mandi dengan instalasi yang minimal !
2. Saat Anda menggunakan water heater listrik instan dengan watt yang rendah, apa yang terjadi ? Suhu Air panas yang dihasilkan kurang lancar karena tanpa penampung air panas yang cukup yang bisa memberikan air panas dengan suhu stabil. Bandingkan pemanas air solar water heater yang memiliki tangki penampung yang besar ? kenyamanan mandi dengan air panas sangat bergantung pada kestabilan suhu air panas. Tidak nyaman membuat Anda kecewa dan merasa rugi telah membeli water heater listrik.
3. Menggunakan water heater listrik dengan watt sekecil apapun mesti membayar konsumsi listriknya ke PLN. Dengan tarif listrik yang naik setiap tahun berkisar 10% sampai 15% PASTILAH Anda menjadi berat membayar rekening listrik. Bandingkan dengan pemanas air solar water heater yang sangat meminimal menggunakan listrik (hanya saat hujan seharian saja) !!!
4. Usia produktif dari water heater listrik hanya mencapai 3 - 5 tahun dan memiliki biaya pemeliharaan/perbaikan yang tinggi. bandingkan dengan pemanas air solar water heater yang memiliki usia efektif mencapai 15 tahun dan bahkan lebih dan biaya pemeliharaan yang murah.
5. Memiliki pemanas air solar water heater punya gengsi tinggi dibandingkan dengan memiliki water heater listrik.
Dengan penjelasan di atas, saya yakin Anda mempunyai pandangan baru bahwa pemanas air solar water heater itu mempunyai harga murah dan beralih sekarang.

Ingin tahu lebih banyak tentang solar water heater : 
Konsultan SWH
Ir. Munir Hasan Basri
081310737352

No comments:

Post a Comment