Thursday 29 January 2015

Kehandalan Solar Water Heater Flatium SANKEN

1. Pemanas air atau swh SANKEN ini menggunakan collector Flat Panel. Sebenarnya teknologi flat panel ini sudah lama dan mulai ditinggalkan produsen (yang beralih ke teknologi collector tube). Kelebihan utama dari collector flat panel ini adalah kehandalan dari "kaca"nya yang kuat dan kokoh, dan sangat jarang sekali pecah. Memang jika pecah, maka harus ganti satu panel kaca. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan selama masa garansi yang lama (5 tahun) ada jaminan penggantian gratis. Harga collector flat panel ini masih bersaing dan terbilang lebih murah dibandingkan dengan teknologi evacuated tube (collector tube). Boleh Anda bandingkan untuk sistem yang sama harga swh atau solar water heater flat panel lebih murah dibandingkan dengan solar water heater collector tube. 
Solar water heater Flatium SANKEN memiliki kehandalan dari flat panel dan harga yang lebih murah
2.  Teknologi flat panel dari solar water heater SANKEN seri Flatium mempunyai suhu air panas yang lebih tinggi dari merek lain, yaitu bisa mencapai maksimal 80 derajat C. Bagaimana dengan solar water heater yang ada di pasaran Indonesia ? Suhunya maksimal hanya 60 derajat C. Teknologi Blue Titanium dari material kaca dapat menyerap lebih banyak energi matahari. Terus dengan panas yang tinggi, buat apa ? Suhu yang panas itu mampu menghemat air panas yang digunakan atau dengan kata lain kapasitasnya lebih kecil. Untuk kapasitas 100 liter solar water heater biasa (bukan SANKEN dengan suhu hanya maksimal 60 derajat atau rata-rata 50 - 55 derajat) hanya bisa memenuhi kebutuhan mandi 2 orang dewasa (dengan 2 kali mandi), sedangkan solar water heater flatium SANKEN bisa memenuhi untuk 4 orang dewasa (dengan 2 kali mandi). LIhat tabel perhitungan berikut :
Solar water heater Flatium SANKEN dapat digunakan untuk orang yang lebih banyak (4 orang untuk kapasitas 100 liter) dibandingkan merek lain.

Hati-hati 
Kapasitas solar water heater yang sama belum tentu untuk pemakaian jumlah orang yang sama.

3. Untuk meningkatkan kinerja solar water heater Flatium SANKEN diterapkan sistem pressurized dan sistem indirect. Sistem pressurized meniadakan penggunaan pompa air panas sehingga jauh lebih handal jika dibandingkan sistem non-pressurized. Sedangkan sistem indirect memberikan kinerja suhu air panas yang lebih stabil dibandingkan dengan sistem direct (yang banyak diterapkan merek lain pada solar water heater flat panel) seperti gambar di di atas. Mari kita bandingkan solar water heater sistem indirect hanya turun hingga 10 derajat C saat pemakaian dan pada solar water heater direct bisa menurunkan suhu hingga 20 derajat C. Teknologi sistem indrect dari solar water heater flatium SANKEN dengan tank in tank dan menggunakan air aqudest memberikan keuntungan suhu lebih stabil dan tahan lama (tidak menyebabkan penyumbatan pada siste lain yaitu sistem indirect dengan coil)
Solar water heater Flatium SANKEN memberikan suhu stabil dengan sistem indirect dan biaya pemeliharaan yang rendah dengan media air aquadest

4. Solar water heater Flatium SANKEN dilengkapi dengan Digital Controller secara GRATIS (merek lain tidak memberikan gratis bahkan tidak ada). Digital Controller ini memberikan kemudahan dengan tampilan suhu air panas dan indikator kinerja dari back up heater atau indikator error) yang bekerja secara otomatis. Tampilan suhu sangat bermanfaat bagi konsumen untuk mengetahui kondisi kinerja yang baik atauan  mengambil keputusan untuk mengaktifkan back up heater secara manual. Banyak orang bilang bahwa jika rusak Digital Controllernya, maka solar water heater Flatium tidak bisa berfungsi. Pendapat ini keliru, Jika ada kerusakan pada Digital Controller, maka solar water heater masih bisa berfungsi tanpa back up heater (alias hanya mengandalkan panas matahari).
Untuk pemakaian suhu air panas yang stabil, pemakaian Digital Controller sangat menguntungkan karena back up heater dapat diatur otomatis dengan periode waktu tertentu untuk diaktifkan. Misalkan waktu (Timer) pada Digital Controller ditulis 02, maka Digital Controller mengecek suhu tangki setiap 2 jam sekali, apakah suhu sesuai yang Anda inginkan (disetting suhu terendahnya) ? Jika suhu air ditangki di bawah suhu setting, maka back up heater bekerja untuk memanaskan air  sampai suhu setting. Dan sebaliknya jika suhu air di tangki di atas suhu setting, maka back up heater tidak aktif. Kondisi sangat praktis bagi konsumen yang memerlukan suhu stabil, seperti solar water heater untuk penginapan/tempat kos, hotel, salon dan spa, restoran dan sebagainya.

Solar water heater Flatium SANKEN menjadi praktis dan sangat mudah penggunaannya. Dan pengontrolan kinerja solar water heater secara otomatis.
Tidak ada masalah jika Digital Controller tidak berfungsi 
5. Untuk pelayanan konsultasi, survey, instalasi, pemeliharaan dan perbaikan dilayani dengan cepat oleh team teknis yang berkualitas di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Cirebon, Surabaya, Bali, Palembang, Pekanbaru, Medan, Samarinda, Balikpapan, Pontianak, Lampung, Makasar, Manado, Banjarmasin, Malang.

Catatan : Bagaimana dengan produk solar water heater dengan sistem indirect dan sistem pressurized yang menggunakan collector tube ? Solar water heater dengan collector tube lebih baik dibandingkan flat panel, tapi harganya lebih mahal. Solar water heater Flatium SANKEN adalah solusi untuk mendapatkan kinerja BAGUS dan harga yang OK.

Ingin tahu lebih banyak dan berkonsultasi untuk pemanas air Anda untuk rumah maupun proyek :
Hubungi : 
Ir. Munir Hasan Basri, 
Konsultan swh, 
085100757352

No comments:

Post a Comment