Thursday 24 September 2015

Pengen air panas tidak pakai listrik

Air panas telah menjadi kebutuhan banyak orang dalam gaya hidup modern. Aktivitas sehari-hari menuntut kita ingin menjaga kesegaran tubuh dan air panas salah satunya solusinya. Mandi dengan air panas bikin seger tubuh dan air panas bisa dijadikan relaksasi tubuh atau kaki yang menambah kesegaran tubuh kita.
Kalau bisa semua orang selalu ingin air panasnya tanpa pakai listrik. Emang ada ? Pasti ada yaitu pemanas air solar water heater. Tapi bukankah pemanas air solar water heater itu pakai listrik juga, ada back up heaternya. Penggunaan back up heater disiapkan untuk mengantisipasi tidak bersinarnya Matahari.
Iya kalau mau air panas tanpa listrik, pemanas air solar water heater pasti bisa. Tinggal di-off-kan back up heaternya. Tapi yang jadi pertanyaan, terus kalau hujan atau malam hari apakah bisa air panasnya ? nah disinilah yang perlu diperhatikan yaitu menghitung kapasitas dan sistem non pressure dengan lokasi yang mendukung.
Hitunglah kapasitas pemanas air solar water heater dengan faktor pengali 4 kali dari kebutuhan air panas dan buatlah posisi toren lebih tinggi dari penempatan pemanas air solar water heater sekitar 3,8 meter dari permukaan rata atau lebih tinggi 1,5 meter dari posisi tangkinya. Faktor pengali 4 bisa memenuhi kebutuhan untuk 2 hari tanpa menggunakan listrik. Sebaiknya tinggi bangunan memiliki 2 lantai lebih atau ketinggian lebih dari 15 meter. Pilihan pemanas air solar water heater sistem non-pressure menjadikan air panas bekerja secara gravitasi (tanpa listrik).

Ingin tahu lebih lanjut, hubungi 081283408596
Ir. Munir Hasan Basri Konsultan Solar Water Heater SWH

No comments:

Post a Comment