Tuesday 14 August 2018

Saya nggak yakin beli solar water heater

Rumah dalam keadaan yang berantakan karena sedang renovasi. Ada banyak hal yang diinginkan dengan rumah baru, mulai dari perabot dan bentuk bangunan yang menjadi cerminan yang punya rumah. Dari mulai ingin ini dan ingin itu ... akhirnya terpikir pula untuk kamar mandi dengan air panasnya. Biar keren, ada tamu nggak malu-maluin. Kamar mandi dengan air panas sudah menjadi standard rumah modern.
Yang menjadi pertanyaan adalah sampai saat ini pake water heater listrik. Ada keinginan untuk lebih keren lagi pake solar water heater. Memang sih solar water heater itu keren, lalau yang nggak nahan harganya mahal. Terus belum ada keyakinan untuk menggunakan solar water heater. Kontraktor yang bangun rumah sih bilang, "pake solar water heater saja dan bisa hemat listrik lagi".
Pikir-pikir kan water heater listrik murah dan nggak perlu pake instalasi ribet lagi. Setelah dihitung ya besar biaya yang dikeluarkan, wter heater harus beli 3 unit untuk kamar sendiri, kamar anak dan kamar tamu ya. Harga berkisar 3 x 3.000.000 = 9 jutaan, tapi setelah dipikir pake solar water heater bergaransi 1 tahun dan bayar listriknya lumayan juga untuk 3 unit. Belum lagi mesti mempertimbangkan besaran daya terpasang (umumnya berapa besar watt buat dirumah), paling tidak dengan 3 unit water heater listrik 3300 Watt. Biaya yang tidak sedikit dan secara estetika di kamar mandi terlihat kurang rapi.
Bagaimana dengan solar water heater ? Yang pasti soalr water heater bisa dipasang di genteng sehingga tidak menghabiskan tempat dan rumah terlihat ekslusif. Satu solar water heater bisa dihubungkan untuk berapapun kamar mandi yang Anda miliki (tergantung dari kapasitas yang ditentukan oleh jumlah penghuninya). mau 2 kamar mandi bisa atau mau 3 kamar mandi juga bisa dan bahkan bisa lebih untuk keperluan kos-kosan. Satu unit solar water heater dibandingkan 3 water heater listrik pasti hemat dan biaya pemeliharaannya lebih murah. 
Tak hanya itu instalasi pipa yang tertanam di tembok membuat kamar mandi Anda menjadi semakin apik dan rapi. Tambah lagi dengan solar water heater yang banyak menggunakan energi Matahari sehingga tidak perlu listrik. Hemat listrik.
Mana yang menguntungkan water heater atau solar water heater ? Pikirkan secara logis ..... 
Ingin tahu lebih lanjut hubungi Ir. Munir Hasan Basri, di call/wa 081310737352

No comments:

Post a Comment