Wednesday 13 August 2014

Sebenernya swh itu hemat nggak sih

Judul diatas menjadi sebuah pertanyaan Anda yang mau beli pemanas air solar water heater. Dengan dasar bahwa kalo hujan pemanas air solar water heater mengaktifkan heater listrik yang lumayan besar, ada yang 500/800/1500/2500 watt. Terus ada yang sudah pakai pemanas air solar water heater bilang,"saya dirumah tetap aja bayar listriknya ngga turun (hemat)". Mengapa hal ini terjadi ?
Untuk diketahui calon pembeli solar water heater, ada beberapa hal untuk dipahami :
1. Hemat listrik dari pemanas air solar water heater adalah pemanfaatan energi Matahari yang gratis sehingga menggantikan pemanas air yang pakai listrik atau gas. Pasti hemat, tapi sangat tergantung dari pemilihan pemanas air solar water heater yang benar yang sesuai kebutuhan Anda.
2. Memilih pemanas air solar water heater yang benar adalah memperhitungkan kapasitas sesuai 2 kali kebutuhan (minimal). Jika pilihan ini salah maka back up heater listrik berfungsi sehingga timbul biaya listrik. Karena Anda membeli pemanas air solar water heater ini maka terjadi lonjakan rekening listrik atau hanya sedikit penurunan rekening listrik jika Anda menggunakan solar water heater sebagai pengganti water heater listrik/gas.
3. Memilih kinerja pemanas air solar water heater dengan suhu yang rendah. Perhatikan, jika Anda memilih suhu maksimal hanya mencapai 55 derajat C. Suhu itu dapat terpenuhi dengan Pemanasan air dari pagi sampai sore. Pemakaian sore hingga malam dapat terpenuhi dan malam hari hingga pagi suhu turun hingga 40-an derajat C. Kondisi ini menyebabkan back heater berfungsi. Maka pada pagi hari, air panas yang Anda gunakan adalah hasil pemanasan back up heater dan ini menyebabkan rekening listrik melonjak.
3. Selain itu ada pengaruh dari sistem pemanas air solar water heater. Semakin sistem yang bisa mempertahankan suhu stabil atau suhunya hanya turun sedikit semakin hemat pemakaian pemanas air solar water heater.
Info ini diharapkan menjadi masukan buat Anda sebelum membeli pemanas air solar water heater agar penghematan yang Anda inginkan tercapai.
Ingin tahu lebih dalam tentang pemanas air solar water heater, hubungi 021-70757352

No comments:

Post a Comment