Saturday 14 July 2018

Berapa kapasitas solar water heater ?

Dalam situasi membeli solar water heater, banyak orang tertuju kepada harga pemanas air dari sumber Matahari. Karena belum masal maka harga dipersepsikan lebih mahal dari pemanas air yang dari listrik maupun gas. Fokus harga tidak datang begitu saja, hal ini disebabkan orang ingin membeli tapi bukan sebuah kebutuhan utama. Lagi pula masyarakat Indonesianya belum popular dengan solar water heater. Angka dari harga memang 2 - 3 kali dari pemanas air listrik atau gas.
Jika sudah harga jadi patokan Anda, maka kapasitas yang dipilih adalah yang paling kecil karena paling murah. Apakah cukup ? Anda pun merasa cukup atau dicukupkan. Apa yang menjadi akibatnya ? Tanpa Anda sadari yang terjadi adalah solar water heaternya tidak panas dan Anda mengeluh,"solar water heaternya rusak". Tidak ada yang rusak dari solar water heaternya, tapi memang kapasitas tampung air panasnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air panas Anda. Alhasil Anda pun tidak mandi air panas.
Akibat lain adalah jika Anda benar-benar membutuhkan air panas, maka Anda mau tidak mau menggunakan back up heater dari solar water heater. Kondisi ini mirip seperti menggunakan water heater listrik. Bedanya ? Wattnya lebih kecil dan bisa memanaskan air dalam tangki (untuk kebutuhan yang banyak dan tahan lama).
Jika memang Anda sudah memutuskan membeli pemanas air dari sumber Matahari (solar water heater), maka resiko di atas mesti dipahami dan disadari. Kami menyarankan bahwa jika Anda sudah berkeinginan membeli solar water heater, maka alangkah baiknya Anda pun sudah memikirkan penghematan listrik dengan memilih kapasitas yang maksimal sesuai kebutuhan Anda. Bisa saja membeli kapasitas besar atau membeli secara bertahap dengan menambahkan unit baru.
Berapa sih kapasitas yang pas untuk kebutuhan air panas Anda di rumah ? Secara teknis ada hitungannya dan disimpulkan sebagai berikut :
a. Solar water heater jenis flat dimana suhu maksimum tidak melebih dari 60 derajat C, maka 1 orang menghabiskan air panas (untuk mandi) sebanyak 25 - 30 liter. Jadi untuk 1 orang dibutuhkan 2 kali x 30 liter = 60 liter air panas/hari.
b. Solar water heater jenis tube, ada yang bisa mencapai 85 derajat C. Satu orang membutuhkan air panas sekitar 18 liter untuk 1 kali pemakaian (untuk mandi). dan jenis tube yang bisa melebihi suhu di atas 90 derajat membutuhkan air panas 13 liter saja.
Berapa kapasitas solar water heater untuk 5 orang ? Harus sesuai dengan jenis solar water heater yang Anda pilih, kebutuhan air panasnya sebagai berikut :
a. Jenis flat : 5 orang x 2 kali mandi x 30 liter = 300 liter
b. Jenis tube suhu 85 : 5 orang x 2 kali mandi x 18 = 180 liter
c. Jenis tube suhu >90 : 5 orang x 2 kali mandi x 13 = 130 liter
Umumnya kapasitas solar water heater ada yang 100 liter, 150 liter, 200 liter dan 300 liter untuk yang tube, sedangkan yang flat umumnya 100 liter, 130 liter, 180 liter, 300 liter.
Jadi yang pertama kali perhitungkan kebutuhan Anda dan pilihlah kapasitas yang paling efisien. Untuk 5 orang dengan kebutuhan point c, sebesar 130 liter, maka Anda bisa memilih kapasitas 150 liter (hemat listrik) atau yang 100 liter tapi masih ada resiko menggunakan heater.
Insya Allah info tentang solar water heater ini bisa bermanfaat dan menjadikan Anda konsumen yang bijak

Ingin tahu lebih detail solar water heater Bandung call/whatsapp : 081310737352
Ir. Munir Hasan Basri, konsultan swh

No comments:

Post a Comment