Sunday 15 July 2018

Mengapa kapasitas mesti 2 kali kebutuhan ?

Solar water heater adalah pemanas air yang menggantungkan pada sumber panas Matahari. Sinar Matahari Yang kita tahu sinar Matahari itu hanya bersinar di pagi hingga sore dan malam hari ke pagi tidak ada sinar Matahari, artinya sinar Matahari itu yang bisa dimanfaatkan kurang lebih 12 jam, maka solar water heater memiliki tangki untuk menampung air panas untuk disimpan agar kebutuhan air panas tercukupi selama 1 hari.
Atas dasar hal di atas, maka kapasitas dari solar water heater harus memperhitungkan kebutuhan air panas di malam hari atau pagi hari. Untuk menghitung kebutuhan air panas selama 1 hari, kita cukup mengkalikan 2 kali dari kebutuhan 1 kali mandi. Kebutuhan air panas ditentukan oleh jumlah orang. Sebenarnya kebutuhan mandi wanita dan pria berbeda, ada bath tub dan shower berbeda, maka perhitungan air panas pun memperhitungkan kebutuhan itu. Umumnya disamakan untuk setiap orang, jika kebutuhan air panas yang dihasilkan 13 liter (untuk collector tube) dengan 5 orang, maka kebutuhan air panas sebesar 5 orang x 13 liter x 2 kali = 130 liter. Kapasitas soalr water heaternya minimal 130 liter atau di 150 liter.
Asumsi yang dipakai oleh industri solar water heater adalah setiap mandi membutuhkan 50 liter air, dan suhunya sekitar 38 derajat C. Jika kita membutuhkan air lebih banyak maka kebutuhan air panasnya lebih banyak.
Suhu air panas yang dihasilkan oleh solar water heater sangat mempengaruhi air yang panas yang digunakan untuk mandi ;
Untuk solar water heater jenis collector tube dengan suhu yang lebih tinggi (bisa di atas 90 derajat C), maka air panasnya tidak perlu banyak untuk mencapai suhu air hangat untuk mandi. Air panas sebanyak 13 liter sudah cukup mendapatkan air hangat. Sedangkan solar water heater jenic collector flat dengan suhu yang 60 derajat C membutuhkan air lebih banyak bisa mencapai 25 - 30 liter.
Dengan perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan kapasitas yang sama, solar water heater jenis collector tube lebih banyak air panasnya alias untuk pemakaian orang yang lebih banyak. kapasitas 100 liter solar water heater jenis collector tube setara dengan 200 liter solar water heater jenis collector flat.
Ingin tahu lebih banyak tentang menghitung kapasitas solar water heater, call/wa 081310737352

No comments:

Post a Comment