Sunday 8 July 2018

Pemanas air yang bagus sesuai kebutuhan Anda

Bisa saja sebelum Anda membeli solar water heater ada pertanyaan seperti berikut,"solar water heater seperti apa yang bagus itu ?" Sebagai seorang salesmen pastilah dia bilang solar water heater yang dijualnya pasti bagus. Disinilah momen yang menentukan, apakah Anda sebagai pembeli percaya ? Interaksi yang benar adalah Anda mesti banyak bertanya yang banyak agar tahu apa yang diucapkan salesmen itu memang benar.
Kata Bagus dari pertanyaan Anda tentang solar water heater itu bermakna "solar water heater yang cocok atau pas buat kebutuhan Anda". Bagus = sesuai harapan, tapi dalam membeli solar water heater tidak semua harapan itu terkabul. Ada pang cocok, ada juga yang tidak cocok dan disinlah Anda harus menyesuaikan diri. Tapi sebenarnya, adakah solar water heater sesuai harapan Anda ? Sebenarnya tidak ada ... yang penting kebutuhan Anda terpenuhi.
Apa sih kebutuhan Anda untuk membeli solar water heater ?
1. Air panas yang selalu tersedia saat.
Apa kata solar water heater ?
Solar watere heater adalah peralatan yang menampung air, memanaskan air, dan mengalirkannya. Air panas yang diharapkan bisa terjadi jika air yang masuk ADA terus-menerus dan AIRnya BERSIH.
a. Pastikan air yang masuk selalu tersedia (toren dan pompa pendorong)
b. Karena solar water heater bersumber dari Matahari, maka pasti ada hari yang Matahari tidak bersinar
c. Solar water heaternya memiliki kemampuan menghasilkan suhu yang tinggi dan mampu menahan air panas untuk jangka lama.
d. Ada kontrol yang mengatur sumber Matahari dan back up heater
Dari berbagai jawaban di atas, point a dan b tidak bisa Anda kontrol dengan baik dan point c dan d menjadi point penting agar kebutuhan masih bisa dipenuhi.
Jika tidak ada sinar Matahari, maka kontrol otomatis yang bisa menghidupkan back up menjadi hal penting. Hujan dan mendung banyak menurunkan suhu air panas dari solar water heater. Tapi sebenarnya kalaupun tidak ada kontrol dan back up heater, Anda dapat mengatasi ketersedian air panas dengan menghitung kapasitas yang lebih besar. Yang jadi pertanyaan adalah efisien yang mana membeli kapasitas solar water heater yang besar atau membeli kapasitas yang pas dengan kontrol ?
Semua tergantung dari keputusan Anda.
SANKEN memberikan konsultasi untuk menghitung kapasitas solar water heater Anda dan memasarkan pula solar water heater dengan Digital Control.

Untuk tahu lebih lanjut dan berkonsultasi, call/wa 081310737352
Ir. Munir Hasan Basri Konsultan Solar Water Heater SWH

No comments:

Post a Comment